Proses Pembuatan Furniture Kayu | Furniture Bahan Kayu

Proses pembuatan furniture kayu  memerlukan waktu yang lama serta dibutuhkan keahlian khusus dan ketelitian agar tercipta hasil yang berkualitas. Namun jika Anda menginginkan jasa pembuatan furniture yang sudah pasti berkualitas dan kepuasan Anda sebagai garansinya maka Anda bisa menghubungi Kami di  081295672064 Dengan anggota tim profesional yang sudah ahli dan berpengalaman dibidangnya. Sebelum Kami menjelaskan tahapan secara garis besar proses pembuatan furniture kayu alangkah baiknya kita mengetahui apa itu furniture.

Proses Pembuatan Furniture Kayu


Furniture / mebel ialah merupakan perlengkapan rumah tangga yang mencakup beberapa jenis barang seperti kursi, lemari, dan meja. Mebel berasal dari kata movable yang memiliki arti dapat bergerak. Dalam kata lain mebel ialah semua benda yang ada di rumah dan dipakai oleh penghuninya untuk duduk, berbaring, maupun menyimpan benda-benda kecil seperti pakaian (wikipedia).


Berikut ini adalah proses pembuatan furniture kayu :

  1. Logs Merupakan kayu yang masih berbentuk bulat dengan 
    diameter antara 25cm-80cm bergantung pada jenis kayu.
    Proses ini merupakan hasil dari penebangan pohon dialam
    yang belum melalui proses apapun kecuali proses pencegahan
    retak pada bagian ujung log.
  2. Pemotongan  Untuk bisa diproses pada alat pengering kayu lebih lanjut, pemotongan log dibuat sedemikian rupa hingga dimensi kayu pas dengan ukuran ruangan mesin pengering kayu serta ukuran mebel yang ingin dibuat.
  3. Pengeringan  Setelah itu kayu harus dikeringkan karena sifatnya yang dapat berganti bentuk sesuai dengan kadar kandungan air pada kayu. Terdapat beberapa metode dalam memproses pengeringan kayu.
  4. Pencampuran dasar  Idealnya kayu dipotong juga dibelah saat telah kering lalu dilakukan penambahan dasar di ruang khusus pembahanan. Dalam proses ini diwajibkan untuk tau ukuran tepat komponen-komponen untuk mebel/furniture pada waktu jadi, agar pengaturan rendemen dan serat kayu sesuai dengab posisi komponen dapat dilakukan dengan benar.
  5. Konstruksi Diawali dengan penyerutan kayu supaya dihasilkan permukaan yang halus, kemudian pemotongan pada sisi panjang sebagai ukuran jadi sehingga pembuatan lubang konstruksi. Konstruksi merupakan proses paling lama didalam pembuatan furnitur kayu. Proses konstruksi diantaranya : Pembuatan lubang dowel, Pembuatan tenon dan mortise, Alur, Pinggul pada sisi ujung kayu, dll
  6. Pengamplasan Hal yang dilakukan pertama kali ketika kayu telahselesai melalui proses konstruksi. Dalam proses inidibutuhkan beberapa kali pengamplasan dengan grit amplasyang berbeda secara bertahap.
  7. Perakitan  Proses ini bergantu pada jenis produk Anda, apabila produktersebut adalah product knock down/lepasan maka perakitandapat dilakukan setelah finishing. Tapi untuk bagian-bagianseperti pintu & laci maka perlu dirakit dahulu.
  8. Finishing Finishing merupakan bagian akhir dari proses pembuatanfurniture kayu sebagai step penyelesaian ketika semuabagian furniture telah terpasang dengan pas.
  9. Pemasangan perlengkapan Berbagai kelengkapan seperti kunci, engsel & gagang pintu baiknya dilakukan setelah tahap finishing agar kualitas tetap terjaga. Juga sebaiknya setiap perlengkapan furnitur dilepas atau bisa juga ditutup menggunakan plasti pada saat dilakukannya finishing. Hal ini dilakukan agar perlengkapan tidak lecet atau rusak.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai proses pembuatan furniture kayu, semoga dapat dijadikan bahan referensi dan ilmu baru bagi Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda, hubungi Kami di  081295672064 untuk berbagai informasi lengkap tentang furniture serta penawaran menarik dari harga hingga informasi lengkap lainnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Proses Pembuatan Furniture Kayu | Furniture Bahan Kayu"

Posting Komentar